Rabu, 01 Juli 2009

Konsep Black Box melatih daya inovasi......


Cara berfikir dengan konsep black box, ini teory saya pribadi dalam menganalisis segala macam masalah. Konsep ini sudah lama saya lakukan dan hasilnya... Saya merasa dapat menelurkan inovasi-inovasi baru dan sangat spektakuler hasilnya. Awalnya waktu saya belajar cara kerja perangkat electronic digital sekitar tahun 1978, ada suatu alat ukur frequency counter, dengan suatu masukan /input tertentu, menghasilkan keluaran /output tertentu, kemudian saya bayangkan/ dihayalkan bagaimana proses yang ada di dalam kotak hitam atau cara kerja alat tersebut, sampai menghasilkan nilai tertentu.... Saya mencoba memutar otak berjam-jam kadang sampai berhari-hari bagaimana cara kerja/ proses yang ada di dalam kotak hitam...
Sampai digambar sendiri rangkaiannya dihitung, dan lain-lainnya, lalu diuji coba membuat rangkaian tersebut di papan peraga dan akhirnya berhasil... Horee saya bahagia telah berhasil membuat rangkaian electronic alat ukur frequency counter dengan komponen digital... cara berfikir menghayalkan suatu proses ini akhirnya menjadi kebiasaan dlm hidup saya... Berkali kali saat belajar perangkat baru, saya tidak pernah membuka buku lebih dulu, tapi saya lihat input outputnya seperti apa... Lalu saya hayalkan bagaimana proses kerja yang ada di dalam kotak hitam yang ada ditengah... Setelah terbayang kemudian saya baca bukunya seperti apa proses yang sebenarnya... Disitu sering penasaran apakah yang ada di hayalan saya sama dengan yang sebenarnya tertulis dibuku.. Karena penasaran bacanya jadi serius... Ooo begini.. Ooo begitu.. Sehingga sekali baca saya sudah faham betul cara kerja perangkat tersebut... Hehehe ternyata ini jadi kebiasaan sehari-hari bagaimana cara belajar yg efektif dan efisien... Karena sudah dilakukan bertahun-tahun akhirnya otak kita terbiasa menganalisis dengan cepat dan mencari solusi yang tepat dengan cepat pula.. Sampai melihat sesuatu langsung berfikir dan keluar solusinya dengan cepat.. Dlm segala hal akhirnya kita bisa lebih inovatif.. silahkan dicoba konsep black box ini dan dilatih secara insentif sehingga kita menjadi orang yang inovatif... Sebaiknya memang didasari dengan kekuatan logika yang kita pelajari waktu belajar matimatika.. Pasti sukses dan bisa diturunkan ke anak anak kita.... Hehehe
(Copy Sesuai aslinya dari Note Facebook Mas Bambang Oetomo, Telkomsel)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design